Satu lagi tempat bersejarah yang ada di Medan adalah Tjong A Fie Mansion. Tempat ini berbentuk rumah dengan nuansa tionghoa yang kental. Pemilik rumah ini bernama Tjong A Fie, beliau adalah seorang pengusaha di bidang perkebunan di Medan. Usahanya bisa dibilang sukses, hingga beliau meninggalkan sebuah aset wisata untuk kota Medan. Rumahnya yang terletak di Jl. Ahmad Yani ini, merupakan bangunan kuno, yang masih dipertahankan keasliannya hingga kini. Mulai dari interior, hiasan dinding, dan eksteriornya pun masih dijaga keasliannya.

Di dalam rumah Tjong A Fie ini, terdapat peninggalan-peninggalan beliau semasa hidupnya. Mulai dari barang-barang antik hingga surat wasiat beliau. Saat kita masuk ke rumah beliau, hawa yang timbul sangat berbeda, nyaman dan tenang. Terang saja, disamping beliau adalah seorang pengusaha, beliau juga penggemar seni. Tidak heran ketika melihat interior rumahnya, mata anda pasti langsung terbelalak, hmm….koleksi lukisan-lukisannya, hiasan dinding, hingga hiasan lantai, semua bernilai seni tinggi. Walaupun rumahnya tidak sebesar istana presiden, namun nilai estetika dan seninya tinggi. Tempat sembahyang pun dihiasi hiasan khas dari tionghoa, namun ada sebuah ruangan yang tidak diperuntukkan untuk umum, hanya tamu tertentu saja yang boleh masuk ke sana. Sepintas ruangan itu bergaya eropa jika dilihat dari depan. Namun jendela ruangan itu juga masih bermotif tionghoa. Suasana lampu yang kuning temaram, mendukung kenyamanan ketika berada di rumah Tjong A Fie ini.

Namun yang paling membuat penasaran adalah surat wasiat beliau, yang masih ada hingga kini. Wew, kira-kira apa ya isinya? Sayangnya surat tersebut berbahasa Belanda, jadi pengunjung yang mampir kesana pun belum tentu mengerti apa isi surat wasiat beliau. Namun belakangan ini surat wasiat tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, jadi siapapun bisa mengerti isinya. Masih penasaran apa isinya?…silahkan mampir ke Tjong A Fie Mansion kalau anda ingin tahu apa isi surat wasiatnya,Hehe…..Rumah Tjong A Fie memang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Bahkan di rumah ini, anda bisa berfoto dengan sesuka hati, dan diperbolehkan menduduki, memgang, atau mengutak-atik barang yang ada di sana, asalkan dikembalikan lagi ke tempat semula dan jangan di bawa pulang!

Kota Medan memang penuh dengan tempat bersejarah. Bagi anda yang senang dengan wisata bersejarah, tempat ini cocok untuk anda. Ada koleksi barang antik juga milik Tjong A Fie. Mampirlah kesini jika ada waktu luang di Medan.

Cara menuju lokasi : dari Lapangan Merdeka naik betor, turun di kawasan kesawan, Tjong A Fie Mansion tidak jauh dari situ, letaknya berseberangan dengan Rumah Makan Tip Top. Tiarifnya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000

Hotel sekitar lokasi : Garuda Plaza Hotel, Hermes Place Hotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,