Bingung menghabiskan waktu Jumat hingga Minggu ? tak perlu risau, kota Medan bisa menjadi alternatif pilihan untuk menyegarkan jiwa dan raga Anda.

Kekayaan destinasi wisata dan budaya di Medan, Sumatera Utara membuat kota ini dijuluki sebagai little Asia. Itu sebabnya Keindahan alam dan peninggalan sejarahnya patut Anda lihat dari dekat untuk mengisi agenda akhir pekan agar menyenangkan.

Jika memulai kunjungan pada hari Jumat arahkan kemudi Anda langsung menuju Danau Toba dan Pulau Samosir. Sebagai danau terbesar di Asia Tengara tempat ini adalah landmark utama Sumatera. Anda mungkin akan kehabisan kata-kata untuk menjelaskan keindahannya. Suasana pagi dan sore di tepian danau adalah waktu-waktu utama yang biasanya dihabiskan para pelancong. Udara segar dan kuliner khas yang dijual di kawasan ini pun menggoda selera. Anda bisa mencicipi aneka ikan bakar dan goreng yang diolah dengan oleh kedai setempat.  Nah, jika mengunjungi Danau Toba jangan melewatkan Pulau Samosir. Pulau yang terletak ditengah – tengah danau ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Berada di ketinggian 1000 mdpl Pulau Samosir dilengkapi penginapan, kafe dan beberapa destinasi wisata sejarah.

Keesokan harinya Anda harus menyempatkan untuk mengeksplorasi pulau ini. Kunjungilah Batu Parsidangan yang merupakan tempat dimana Raja Siallagan menghukum para penjahat dan pelanggar adat. Di kawasan yang ditetapkan sebagai cagar budaya ini kita bisa melihat kursi-kursi yang digunakan raja dan para tetua membahas hukuman serta mengeksekusi setiap orang yang terbukti melakukan kesalahan. Peninggalan sejarah lainnya adalah kompleks Makam Raja Sidabutar. Dalam masyarakat Samosir, kisah Raja Sidabutar sangatlah terkenal karena kesaktiannya. Pada makamnya terdapat ukiran yang memiliki arti khusus. Tidak hanya makam, disini kita bisa melihat patung-patung yang diletakkan dalam formasi setengah lingkaran. Konon hal ini menggambarkan bawahan raja dalam sebuah ritual untuk memanggil hujan dengan iringan musik gondang.

Anda juga bisa mengisi hari Sabtu di Samosir dengan melihat pertunjukkan pesta tari Sigale-gale. Sigale-gale akan bergerak layaknya seorang manusia diiringi irama yang dimainkan musik tradisional, togading.

Minggu Anda bisa dihabiskan untuk menikmati kota Medan khususnya jalan Kesawan yang disebut sebagai kawasan kota tua. Salah satu bangunan peninggalan yang masih bertahan adalah Gedung London Sumatera atau dikenal dengan gedung Lonsum. Dibangun pada tahun 1906 landmark yang terkenal ini merupakan gedung pertama di Medan yang menggunakan lift. Saat itu Lonsum digunakan sebagai kantor perdagangan sedangkan kini menjadi gedung dengan nama PT. PP London Sumatera.

Keunikan kota Medan belumlah usai. Anda harus mengunjungi penangkaran buaya Asam Kumbang di Taman Buaya Asam Kumbang. Di tempat ini sedikitnya ada 10 kolam masing-masing diisi 10 – 15 ekor buaya. Selain melihat aktivitas para predator ini kita juga bisa memberi mereka makan berupa bebek atau ayam. Seru bukan?

Nah, destinasi terakhir liburan di Medan adalah dengan membeli aneka oleh-oleh di Durian House. Salah satu produk unggulan pusat kuliner ini adalah pancake yang rasanya “sangat durian” hingga ada yang menyebut seperti makan durian langsung dari pohonnya. Produk lain yang juga berbahan dasar durian adalah bolu gulung, brownies, lempok, donat dan roti. Penuhi keranjang belanjaan Anda untuk keluarga di rumah ya.

Selama di Medan Anda bisa menginap di Travellers Suites Hotel, Emerald Garden Hotel dan Grand Sakura Hotel.

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata medan dan sekitarnya
  • tempat wisata di medan dan sekitarnya
  • wisata di medan dan sekitarnya
  • foto gedung kota london

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,