Siapa yang tak suka melihat pemandangan yang dapat menenangkan pikiran dan menyejukkan hati? Kedua pemandangan di atas dapat anda saksikan di Air Terjun Dua Warna. Seperti namanya, Air Terjun Dua Warna memang memiliki dua warna air, yaitu hijau dan biru. Air Terjun Dua Warna terletak di tengah hutan di kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Dapat ditempuh kira-kira 3 jam dari kota Medan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter, dan berada di ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. Letak air terjun ini terpisah oleh beberapa batuan yang berada di sekitarnya. Satu berwarna biru cerah dan berhawa dingin, satu lagi berwarna hijau dengan hawa hangat. Asal usul dari Air Terjun Dua Warna ini belum dapat diketahui secara pasti.

Air yang berwarna biru dan hijau tersebut tidak menimbulkan bau, namun disarankan agar jangan diminum langsung, kecuali sudah dimasak terlebih dahulu. Pemandangan di sekitar air terjun juga tak kalah menarik, tedapat batu-batu hijau yang diselimuti lumut, dan beberapa air terjun kecil. Lokasi air terjun dapat dibilang masih asri, belum banyak polusi, karena letaknya cukup jauh dari pemukiman warga. Oleh karenannya, pemandangan di air terjun tersebut cocok bagi anda yang ingin melepas penat sejenak dari pekerjaan anda sehari-hari. Air terjun ini juga sering dikunjungi oleh para pecinta alam yang berasal dari luar kota.

Perjalanan menuju Air Terjun Dua Warna harus dilalui dengan jalan kaki memasuki kawasan hutan Sibayak, yang terletak di kawasan Gunung Sibayak. Sepanjang perjalanan, anda akan menemukan flora dan fauna khas dari Gunung Sibayak, dan pemandangan hijaunya pepohonan yang terdapat di hutan Sibayak. Perjalanan ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari, agar dapat sampai pada lokasi di siang hari. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya anda membawa perbekalan dahulu, seperti makanan, minuman, dan perlengkapan seperti sepatu untuk mendaki, kamera, dan lain-lain. Tidak ada harga tiket masuk kawasan ini, karena lokasi berada di tengah hutan.

Setelah sampai di lokasi, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan Air Terjun Dua Warna, dan beberapa air terjun kecil di sekitar lokasi. Batuan-batuan besar dan berlumut ikut menjadi panorama yang menghiasi lokasi ini. Anda dapat berenang atau mandi di sana, namun hati-hati saat hendak berjalan di sungai, karena kondisi batu yang berlumut. Eeits…inget, jangan lama-lama, jika anda sudah puas melihat panorama yang ada, dan bahkan sudah berenang atau mandi di sana, maka cepat-cepatlah bergegas pulang sebelum hari gelap. Karena jika hari gelap, trek atau lintasan yang dilalui sulit untuk dilihat kembali. Walaupun hanya sebentar, namun suasana danau yang menyejukkan dan menenangkan, cukup menghibur hati dan pikiran anda. Mampir juga ke Sungai Sembahe dan Bukit Gundaling untuk menikmati suasana pedesaan lainnya ya! Selamat Berwisata!

Cara menuju lokasi : dari terminal Pinang Baris Medan, anda dapat naik bus antar kota antar daerah (AKAD) menuju terminal Sibolangit, dari terminal naik bus menuju areal perkemahan pramuka di Sibolangit. Kemudian memulai perjalanan menjelajahi hutan, dan menyeberangi sungai. Biaya angkot kira-kira Rp. 40.000 sekali jalan.

Lokasi penginapan yang berada di pusat kota Medan : HL Days Inn, Hotel Aryaduta Medan

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pemandangan air terjun
  • asal mula air terjun dua warna
  • pemandangan hutan yang menyejukkan
  • pemandangan indah air terjun
  • pemandangan menyejukkan hati
  • pemandangan yang menyejukan hati

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,