Kekayaan alam Indonesia tidak akan pernah habis dibicarakan apalagi ditelusuri. Ketika Anda datang ke kota Medan, tanyakan orang-orang lokal di sana, siapa yang berkeinginan menyambangi Pulau Berhala. Dapat dipastikan, banyak dari mereka yang tergila-gila dengan kecantikan pulau ini dan berharap suatu saat dapat menikmatinya secara langsung.

Terletak di salah satu pulau terluar di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Pulau Berhala kini tengah dikembangkan menjadi salah satu objek wisata alam potensial andalan Sumatera Utara, selain Danau Toba dan Nias. Tempat yang menawarkan keindahan alamnya ini merupakan tempat yang tenang, jauh dari riuh rendahnya kehidupan perkotaan, sangat cocok menjadi tempat “pelarian” sejenak bagi warga urban.

Pulau berhala yang menawarkan eksotisme alamnya ini memiliki tiga pulau dengan kekhasan dan keelokannya masing-masing. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di kawasan pulau ini. Pulau induk merupakan lokasi penginapan. Di pulau ini juga, Anda dapat melihat atau bahkan, jika Anda penasaran, Anda bisa menaiki menara mercusuar yang menjulang menghadap lautan Selat Malaka.

Hutan yang lebat menghiasi keberadaan pulau induk. Pohon-pohon besar seperti rengat, jeluntung, dan meranti tumbuh subur di pulau seluas 50.000 meter persegi ini. Hutan ini menjadi habitat bagi banyak satwa seperti napu (sejenis kancil), biawak, penyu, ular, dan hewan lainnya. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat berbagai jenis burung yang datang beramai-ramai pada musim-musim tertentu, suatu pemandangan yang unik di pulau ini. Di pulau induk ini, terdapat juga penangkaran penyu yang sayang untuk dilewatkan. Karena banyaknya penyu di pulau ini, tidak sulit untuk menemukan jejak-jejak mereka terukir di pasir pantai.

Pulau terdekat dengan pulau induk di Pulau Berhala ini juga menjadi tempat yang sarat akan keindahan alamnya. Pulau ini terkadang menyatu dengan pulau induk, terkadang juga terpisah, tergantung dari pasang-surutnya air laut. Pulau ini adalah lokasi snorkeling dan diving yang paling bagus. Luar biasanya, pada kedalaman 9 meter, dasar laut masih tampak dengan jelas. Di balik kebeningan air tersebut, telah menunggu sebuah taman indah warna-warni untuk diselami. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya ganggang, rumput laut, dan terumbu karang yang mewarnai latar belakang birunya dasar laut. Disela-sela itu, segerombolan ikan dengan berbagai macam warna dan bentuk lalu-lalang dan meliuk-liuk di depan pandangan. Lautan di pulau ini sungguh kaya akan biota laut, dan bahkan Anda dapat menemui beberapa biota laut yang unik dan langka seperti ketam kelapa, kima raksasa, dan ikan bulu ayam. Alat selam dan snorkeling dapat disewa di lokasi ini.

Berangkat ke pulau ketiga yang berjarak sekitar 50 meter dari pulau induk, Anda harus menyeberang menggunakan kapal. Wisata yang dapat anda temui di sini adalah susur gua. Gua di lokasi pulau ini memiliki keunikan tersendiri karena menembus bukit yang ada di pulau ini. Separuh gua tergenang air, sementara langit-langit gua menjadi tempat bersarangnya burung walet. Hampir seluruh bukit di tempat ini terdiri dari bebatuan raksasa yang oleh proses alam membentuk pola-pola dan arsitektur indah. Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak, Anda bisa mencoba peruntungan dengan memancing di perairan sekitar pulau ini. Ikan-ikan besar dengan berat di atas 3 kilogram siap menguji adrenalin dan ketangkasan Anda. Karena karakteristik daerahnya yang berbatu, Anda dengan mudah dapat menemukan lokasi nyaman dan strategis untuk memancing. Namun perlu diingat, perairan di pulau ini merupakan yang terdalam dan curam, jadi diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan ketika berada di lokasi ini.

Jika Anda berangkat dari kota Medan, silakan menuju ke Belawan. Perjalanan paling mudah bisa ditempuh dari Restoran Marina, Belawan, Medan. Di sana terdapat perusahaan penyedia jasa transportasi ke Pulau Berhala dengan menggunakan speed boat. Namun, Anda harus memastikan jadwal keberangkatan kapal terebut, karena tidak setiap hari ada kapal yang diberangkatkan ke pulau tersebut. Bila ditempuh dengan kapal biasa, waktu tempuh bisa sekitar 4 – 8 jam. Namun Anda juga bisa memilih alternatif kapal lainnya, yaitu Super Star yang dilengkapi dengan kabin yang nyaman. Perjalanan menggunakan kapal jenis ini memakan waktu hanya sekitar 1,5 jam.

Bagaimana dengan Anda? Sudah siap menempuh perjalanan ke pulau terluar di Indonesia ini?

Map

View Larger Map

Tempat Terkait: Danau Toba, Air Terjun Dua Warna

Hotel Terdekat: HL Days Inn, Grand Aston City Hall Hotel & Serviced Residences, Alpha Inn

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • PULAU BERHALA
  • taman simalem resort
  • gambar pulau berhala
  • pulau berhala sumut
  • pulau berhala sumatera utara
  • pulau berhala serdang bedagai
  • pulau berhala medan
  • pulau berhala serdang bedagai sumatera utara
  • foto pulau berhala
  • pantai berhala

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,