Keindahan dan kekayaan wisata Pulau Samosir memang memesonakan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namanya yang sudah mendunia membuat fokus wisata tertuju ke pulau di tengah-tengah Danau Toba, danau yang sudah melegenda ini. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Pulau Samosir bukan satu-satunya pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Di sebelah timur Pulau Samosir terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Tao. Secara administratif, Pulau Tao termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Simanindo. Untuk menuju ke Pulau Tao ini, Anda bisa menyeberang dengan menyewa kapal dari kota Simanindo di Pulau Samosir. Jarak yang ditempuh dari kota Simanindo menuju Pulau Tao sekitar 10 menit.

Pulau Tao merupakan pulau yang sangat kecil. Untuk mengelilingi pulau ini hanya butuh sekitar 1,5 jam berjalan kaki karena kelilingnya yang tidak sampai 1 km. Pulau Tao ini sebenarnya sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda dan dijadikan sebagai destinasi wisata. Namun seiring berjalannya waktu, pulau ini nyaris terlupakan. Di pulau ini terdapat penginapan semacam resort lengkap dengan restorannya. Sayangnya, karena tidak banyak pengunjung yang datang berwisata ke pulau ini, penginapan ini tidak digunakan lagi. Tinggal restorannya saja yang masih beroperasi, menggantungkan harapan kepada para wisatawan yang sudi singgah dan menikmati keindahan Danau Toba dari pulau tak berpenghuni ini.

Sebagai pulau yang tidak berpenghuni ini, Pulau Tao menawarkan keheningan untuk sejenak keluar dari peradaban dan keramaian kota. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat ”pelarian”. Anda juga bisa merasakan sensasinya berada di pulau kecil tak berpenghuni ini, seolah-olah berada di negeri antah-berantah, atau seolah-olah terdampar seperti yang dialami Tom Hanks dalam filmnya yang berjudul “Cast Away”. Sensasional! Hal ini bisa saja Anda rasakan demikian karena mungkin hanya Anda dan geng Anda yang berlibur ke pulau ini.

Di tempat ini, Anda bisa duduk-duduk di tepi danau, merasakan hangatnya air Danau Toba sambil memandang luasnya danau itu. Kalau Anda biasanya berada di Pulau Samosir untuk menikmati Danau Toba, kali ini Anda dapat memandang keutuhan Pulau Samosir dengan mata telanjang. Bukit Barisan terpampang memanjang, menjadi pemandangan yang juga tidak kalah asyik. Dengan fasilitas yang ala kadarnya, Anda akan merasa didekatkan dengan alam.

Kalau Anda bosan dengan suasana wisata yang penuh dengan pengunjung, tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Pulau Tao ini. Selamat berpetualang!
Puas menjadi petualang? Silakan mengunjungi destinasi wisata terdekat dari pulau ini yang pasti tidak kalah menariknya, yaitu Tomok dan Ambarita. Untuk tempat menginap, Anda bisa mencari beberapa hotel atau resor di seputar daerah Tuk Tuk. Sedangkan hotel-hotel yang dapat Anda singgahi di Medan antara lain JW Marriott Hotel Medan, Tiara Medan Hotel & Convention Center dan Medanville Hotel.

Peta lokasi Pulau Tao

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pulau tao
  • letak tao silalahi
  • pulau tao simanindo
  • pulau tao samosir
  • tao silalahi samosir
  • biaya ke pulau tao
  • pulau tao di simanindo
  • pulau tao medan
  • Pulau tao silalahi
  • pulau tao simanindo samosir

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,