Siapa bilang bahwa keajaiban alam Sumatera Utara hanya di Danau Toba saja? Kekayaan alam Sumatera Utara tidak akan habis dijelajahi hanya dalam hitungan hari. Di sebelah utara Danau Toba terdapat sebuah desa kecil yang memang tidak sepopuler Tuk Tuk dan Tomok, namun menyimpan potensi alam yang luar biasa. Desa tersebut adalah Tongging, yang secara administratif termasuk ke dalam Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Lokasi Desa Tongging ini tidak terlalu jauh dari Medan. Jarak tempuhnya kurang lebih dua jam berkendara melalui Berastagi. Desa Tongging ini berjarak sekitar 42 km dari kota Berastagi. Sebelum memasuki kawasan Desa Tongging, pengunjung dapat menikmati panorama keindahan Danau Toba dan Air Terjun Sipiso-piso yang akan mewarnai perjalanan Anda yang mengesankan.

Sesampainya di Tongging, Anda akan dipungut biaya masuk sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Walaupun belum mendatangkan banyak pengunjung seperti Tomok dan Tuk Tuk, namun Tongging sudah dirintis menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Karo. Kini kawasan ini telah disejajarkan dengan objek wisata Air Terjun Sipiso-piso yang letaknya hanya tujuh kilometer dari Desa Tongging.

Tongging menyimpan keunikan dan keindahan yang berpotensi sebagai atraksi wisata. Lokasinya yang berada di atas bukit, yaitu sekitar 900 meter di atas permukaan laut, membuat indahnya pemandangan terlihat dengan jelas. Pemandangan Danau Toba tampak sempurna dilihat dari desa ini. Panorama alam di kawasan Tongging berbeda dengan daerah lain di Kabupaten Karo. Hal ini juga dipengaruhi oleh letaknya yang strategis. Berlokasi di tepi Danau Toba dengan dikelilingi jejeran perbukitan mampu menarik minat para wisatawan yang singgah ke desa ini untuk kemudian menetap di tempat ini. Iklim di tempat ini pun sangat cocok untuk suasana liburan sekaligus ajang relaksasi Anda.

Selain pemandangan alamnya yang pastinya tidak akan mengecewakan, terdapat peninggalan sejarah Raja-raja Silalahi, namun sayang akses menuju ke lokasi ini masih tergolong sulit. Berkaitan dengan akses dan fasilitas yang belum lengkap, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Desa Tongging belum menggeliat seperti halnya Tomok dan Tuk Tuk. Padahal, tempat ini berpotensi menjadi destinasi wisata yang menarik.

Namun, datang ke Desa Tongging merupakan keputusan yang tidak akan menecewakan. Jalan-jalan di seputaran kawasan dataran tinggi Sumatera Utara ini akan terasa lebih nyaman bila menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Namun, ada juga angkutan umum yang bisa membawa Anda dari Medan sampai ke Tongging, walaupun harus berganti angkutan umum. Berangkat dari Terminal Pinang Baris atau dari kawasan Padang Bulan, Medan, Anda bisa memilih angkutan umum jurusan Berastagi atau Kabanjahe. Sesampainya di Berastagi, Anda bisa naik angkutan umum jurusan Tongging dari kawasan terminal. Apabila Anda melalui Kabanjahe, Anda dapat memilih angkutan umum menuju Tongging dari dua tempat yang berbeda, dari kawasan Kabanjahe Plaza atau pun dari kawasan Zentrum.

Tempat menginap terdekat dapat Anda temukan di daerah Danau Toba. Sedangkan tempat menginap yang dapat Anda singgahi di Medan antara lain Grand Angkasa International Hotel, dan Asean International Hotel.

Peta lokasi Desa Tongging

View Larger Map

Tempat Terdekat: Berastagi

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tongging
  • tongging berastagi
  • wisata tongging
  • tongging sumatera utara
  • objek wisata medan
  • objek wisata tongging
  • tongging medan
  • jarak medan tongging
  • sitongging
  • tempat wisata tongging di medan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,