Samosir, pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba ini sarat akan objek wisata yang selalu dapat dinikmati oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di pulau ini, tinggallah masyarakat yang mayoritas bersuku Batak. Mereka mendiami beberapa kota maupun perkampungan yang ada di pulau ini. Keberadaan masyarakat Batak memberikan warna tersendiri bagi pertumbuhan wisata di daerah ini, termasuk adat-istiadat dan kebudayaan suku Batak yang menarik untuk dijadikan objek wisata.

Salah satu hal yang menarik untuk dikunjungi adalah sebuah pedesaan di Pulau Samosir ini yang bernama desa Lumban Suhi-suhi Toruan. Desa ini terletak di antara pelabuhan Tomok dan kota kabupaten Samosir, yaitu Pangururan. Secara administratif, desa ini termasuk ke dalam wilayah kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Untuk mencapai desa ini, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Desa Tomok atau 20 menit dari Pangururan melalui jalan darat. Tidak ada tiket masuk yang dikenakan bagi pengunjung yang ingin berwisata ke desa ini.

Saat memasuki desa ini, layaknya seperti desa-desa lain yang terdapat di Pulau Samosir, Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah Danau Toba yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari jalan utama. Pemandangan Gunung Pusuk Buhit ikut mewarnai panorama yang memamerkan keindahan alam tanah Batak ini. Di sepanjang jalan di sisi kiri dan kanan Anda, perkampungan Batak dengan kekhasan rumah adat Batak “Jabu Bolon” pun mengiringi wisata Anda di desa ini. Anda juga dapat menemukan sebuah tugu atau makam Batak yang khas dengan bangunan bertingkat dan bermotif gorga.

Sesampainya di pusat desa, Anda akan menjumpai apa yang menjadi popularitas dari desa ini. Desa Lumban Suhi-suhi Toruan ini kerap dikunjungi para wisatawan baik asing maupun lokal karena kerajinan kain tenun ulosnya. Ulos merupakan selendang tradisional suku Batak yang memiliki makna tersendiri. Sebagai simbol dari harga diri orang Batak, ulos kaya akan motif yang masing-masing memiliki makna dan arti filosofis tersendiri. Ulos yang dihasilkan dari desa ini merupakan hasil kerajinan dari warga setempat yang dikerjakan baik dengan tangan maupun dengan alat tenun.

Ketika Anda memasuki kawasan desa ini, akan tampak pemandangan yang khas di mana para wanita setempat menenun ulos di luar rumah atau di bawah pohon sambil bercengkerama satu sama lain. Kemampuan menenun ulos ini diwariskan turun-temurun dan dilakukan sejak usia muda. Tidak heran, gaung dari pamor desa kerajinan ulos ini sudah tersebar hingga kancah internasional. Bahkan, seringkali para penenun diundang ke berbagai Negara untuk mempromosikan ulos, warisan leluhur mereka. Sambil berkeliling melihat kegiatan para wanita penenun ulos ini, Anda bisa bertanya-tanya kepada mereka berkaitan dengan kegiatan dan desa setempat.

Pengunjung yang datang ke desa ini dapat membeli langsung ulos dari tangan para penenun. Harga ulos yang ditawarkan berkisar antara Rp 300.000,00 – Rp 500.000,00 untuk jenis ulos standar berbahan benang sutra. Sedangkan untuk ulos dengan kualitas tinggi dapat mencapai Rp 1.000.000,00 – Rp 5.000.000,00. Harga yang relatif tidak murah ini sangat layak, mengingat proses pengerjaannya yang tidak mudah dan memakan waktu lama. Untuk pengerjaan satu kain ulos bisa memakan waktu sekitar 1 – 4 minggu, tergantung dari jenis kain dan tingkat kerumitan. Bagi masyarakat Batak sendiri, kain ulos biasa digunakan pada acara-acara adat, pernikahan, pemakaman, maupun pesta marga. Namun, para pengunjung dapat memiliki ulos ini sebagai cinderamata dari tanah Batak.

Map

View Larger Map

Tempat Terdekat: Danau Toba, Tomok

Hotel di Medan: Alpha Inn, Grand Sakura Hotel, Hotel Aryaduta Medan

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • beli ulos langsung ke penenun
  • ulos tonun samosir
  • tenun ulos di samosir
  • tenun samosir
  • tempat ini tenun ulos samosir
  • pusat kerajinan batak samosir
  • Peta lumban suhi2
  • pegerajin tenun ulos di samosir
  • nama alat tenun tradisional
  • lumban suhi suhi samosir

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,