Tak lengkap rasanya kalau berwisata ke Medan tidak mencoba buah yang satu ini. Ya, Durian. Durian memang menjadi ikon kota medan, selain rasanya yang khas dan berbeda dari durian dari kota-kota lainnya, ternyata durian juga dapat diolah menjadi makanan yang enak dan pastinya menarik. Makanan ini biasanya selalu tersedia saat bulan Ramadhan, biasanya dimakan saat berbuka puasa. Makanan yang dimaksud adalah kolak. Kolak memang populer saat Ramadhan tiba. Penjual kolak dapat ditemui di pinggir jalan sepanjang bulan Ramadhan. Namun kolak yang satu ini berbeda dengan kolak lainnya. Kolak durian.

Karena di Medan merupakan surganya durian, pastilah banyak makanan yang terbuat dari olahan buah durian. Kuliner ini wajib dicoba saat anda berwisata ke Medan. Di sepanjang jalan dr. Mansyur, atau di depan Universitas Sumatra Utara, anda dapat menjumpai penjual kolak durian, dengan harga yang terjangkau. Namun kolak di Medan berbeda dengan kolak yang ada di Jawa. Bedanya dengan kolak yang ada di Jawa, umumnya kolak terbuat dari pisang dan ketela pohon, karena harga durian lebih mahal dibanding di Medan. Ada satu lagi olahan durian yang menarik di sepanjang jalan dr. Mansyur ini yaitu es durian. Es durian ini seperti es campur, di dalamnya terdapat aneka buah-buahan, yang membedakannya adalah terdapat potongan buah durian yang legit. Dan yang membuatnya berbeda pada umumnya adalah terdapat buah jagung. Harga kolak relatif murah, berkisar antara Rp.3000 hingga Rp.5000. Dan untuk es durian sendiri berkisar Rp.6000 hingga Rp.8000.

Penjual kolak dan es campur biasanya buka pada siang hari hingga menjelang malam hari. Lain halnya saat bulan Ramadhan, penjual biasanya buka mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB. Biasanya pada bulan ini penjual kolak meningkat pesat sebanding dengan pembelinya. Pada bulan ini pun penjual kolak dapat dijumpai di pusat kota, chinatown, pasar, dan kawasan wisata lainnya. Karena mereka mencari lokasi yang ramai dengan lalu lalang orang. Tidaklah sulit menjumpai penjual kolak di bulan ini, jika anda berada di pusat kota, di dekat My Dream Hotel, yang merupakan kawasan chinatown, anda akan menemukan banyak sekali penjual kolak pada sore hari.

Namun tidak hanya penjual kolak saja yang berjubel disana, ada banyak sekali penjual jajanan pasar, pernak-pernik Ramadhan, pakaian, dan lain-lain. Para pedagang banyak yang berjualan disini karena lokasinya yang strategis dan banyak orang, tidak heran banyak pedagang makanan maupun barang lainnya dari berbagai daerah di Medan berkumpul disini. Jika anda sedang berjalan-jalan di Medan, mampirlah untuk melihat keramaian pedagang disini. Jika anda ingin membeli oleh-oleh dari olahan durian, datanglah ke Durian House.

Cara menuju lokasi : dari Lapangan Merdeka, naik betor ke Jl. Dr. Mansyur, turun sebelum persimpangan Jl. Iskandar Muda, dengan tarif sekitar Rp. 30.000, lalu jalan kaki sekitar 100 meter ke arah timur, disepanjang jalan itu akan anda dapati berbagai macam penjual kolak dan es.

Hotel sekitar lokasi : Grand Swiss Belhotel, Place Inn Hotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • olahan durian
  • aneka olahan durian
  • gelato bar medan
  • kuliner khas medan
  • es durian medan
  • kolak duren
  • olahan durian di bulan ramadhan
  • pernak pernik durian
  • olahan buah dari medan
  • aneka makanan yang terbuat dari durian dan cara membuatnya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,