Medan kota Sejarah, mungkin julukan itu cocok bagi kota yang banyak terdapat tempat-tempat bersejarah. Mulai dari sejarah perang kemerdekaan, hingga sekarang ini. Satu lagi tempat yang tidak boleh anda lewatkan ketikan anda mengunjungi kota Medan adalah Kuil Shri Mariamman. Kuil yang terletak bersebelahan dengan Sun Plaza, salah satu mall terbesar di Medan ini dibangun pada tahun 1884 Masehi. Kuil ini mirip dengan kuil-kuil Hindu yang ada di India. Pada bagian depan kuil ini, dihiasi dengan menara bertingkat, yang sering ditemui pada kuil-kuil hindu lainnya. Hingga kini, kuil Shri Mariamman masih aktif dan sering digunakan oleh masyarakat beragama Hindu untuk bersembahyang. Selain sebagai tempat bersembahyang, kuil Shri Mariamman juga digunakan sebagai objek wisata sejarah di Medan.

Walaupun kuil ini tidak terlau luas, namun hiasan dan bentuknya mampu menarik wisatawan asing untuk melihat uniknya kuil ini. Di dalam kuil terdapat patung-patung dewa, Dewa Wisnu, Dewa Syiwa, dan Dewa Brahma. Kuil ini adalah kuil pertama yang dibangun oleh masyarakat keturunan India di Medan, atas inisiatif Rengga Sani Naiger. Kuil ini telah mengalami dua kali pemugaran, hingga kini menjadi bangunan kuno nan menawan. Tidak sembarangan waktu anda bisa masuk kuil ini. Kuil ini dibuka pada jam tertentu saja, biasanya dibuka pada jam 6.00 hingga jam 12.00, dan jam 16.00 hingga jam 20.00. Di kuil ini tidak ada biaya masuk, namun ada kotak sumbangan sukarela.

Di dalam kuil, terdapat ruangan yang luas, tempat untuk berdoa kepada dewa. Di dinding-dinding ruangan juga berhiaskan ukiran-ukiran khas dari India. Suasana di dalam ruangan cukup tenang dan kondusif, dengan karpet dan beberapa kursi yang menghiasinya. Temaramya cahaya lampu menambah hikmat orang yang bersembahyang disini. Beberapa ornamen patung-patung dewa pun menghiasi atap-atap kuil ini. Di bagian tengah, terdapat ruangan untuk bersembahyang, tempat patung dewi Shri Mariamman. Mariamman adalah dewi penyakit dan hujan yang utama bagi masyarakat Hindu. Dewi Shri Mariamman banyak dipuja oleh masyarakat Tamil Nadu, dan Pradesh, India. Tidak hanya patung Dewi Shri Mariamman saja yang ada di kuil ini, namun patung Dewa Ganesha dan dewa-dewa yang ada dalam kisah Ramayana juga ada disini. Letak patung Ganesha dan dewa-dewa lainnya tidak jauh dari altar dewi Shri Mariamman.

Bila anda berkunjung ke Medan, sempatkanlah untuk melihat Kuil Shri Mariamman, disamping tiket masuknya gratis, kuil ini menawarkan wisata sejarah yang menawan, dan mengandung nilai edukasi bagi anda dan keluarga anda.

Cara menuju lokasi : dari Lapangan Merdeka ambil jalan menuju kesawan, hingga mencapai perempatan, lalu naik angkot 64, turun di Sun Plaza.

Hotel sekitar lokasi : Place Inn Hotel, Grand Swiss-Belhotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kuil hindu terbesar di medan
  • kuil di china di medan
  • biaya pembangunan kuil shri mariamman
  • sejarah klenteng shri mariamman
  • sani kuil
  • saran tentang kuil hindu mariamman medan
  • saran untuk kuil shri mariamman
  • sejarah kuil shri mariamman
  • ada sjrh apa d kuil
  • sejarah tentang kuil shri marriaman

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,