Masjid Raya Sulaimaniyah

www.panoramio.com

Dahulu Istana Kasultanan Serdang yakni Istana Darul Arif berada di Rantai Panjang (saat ini masuk wilayah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang). Pada tahun 1894 ibukota Kasultanan dipindahkan ke kota Galuh Perbaungan (dulu disebut Serdang). Seiring dengan perpindahan tersebut sebuah masjid dibangun oleh Sultan Serdang yang bernama Syariful Alamsyah. Sampai saat ini masjid tersebut masih berdiri dengan kokoh walaupun mengalami beberapa kali renovasi. Untuk istana Kasultanan sendiri saat ini sudah tidak terlihat. Masjid tersebut dinamai Masjid Raya Sulaimaniyah. Lokasi masjid yang berada di pinggir jalan lintas Medan Tebing Tinggi membuat masjid ini banyak dihampiri para musafir ataupun wisatawan yang ingin beribadah maupun melihat keelokan dan keunikan arsitektur masjid ini.

Masjid Raya Sulaimaniyah

www.medanwisata.com

Arsitektur masjid ini sangat kental dengan corak khas budaya Melayu yakni memiliki dominan warna kuning dan hijau. Tidak seperti masjid pada umumnya bentuk bangunan ini pun lebih mirip dengan kantor-kantor pemerintahan. Bentuk atap pada teras masjid berbentuk piramid. Yang paling unik mungkin bentuk kubahnya, pada umumnya masjid berbentuk bulat namun Masjid Sulaimaniyah ini berbentuk segi empat memanjang yang diatasnya terdapat lambing bulan sabit dan bintang.

Pada bagian dalam masjid terdapat 4 pilar atau tiang yang besarnya 2 kali pelukan orang dewasa sebagai penyangga bangunan. Di tengah-tengahnya pada bundaran langit dihiasi dengan lampu hias yang mewah dengan dikelilingi tulisan kaligrafi yang berisi ayat ayat Al Quran tentang sholat. Masjid ini telah mengalami pemugaran pada tahun 1964, 1967 dan terakhir pada tahun 2004 sesuai dengan prasasti yang terletak di samping pintu masuk masjid. Pada bagian teras sudah berlantai keramik, atap teras ditopang oleh tiang-tiang berukuran kecil dan dihiasi puluhan lampu kecil dan besar yang mengelilingi teras samping kiri dan belakang.

Masjid Raya Sulaimaniyah

www.bujangmasjid.blogspot.com

Pada bagian lain di samping masjid ini terdapat makam Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah dan keluarganya serta beberapa pejabat kesultanan. Tempat ini juga sering dikunjungi untuk keperluan ziarah.

How to get there :

Untuk menuju ke masjid ini bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Lokasi yang berada di pinggir jalan pintas Medan – Tebing Tinggi sangat mudah ditemukan.

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang dapat digunakan untuk bermalam diantaranya Medanville Hotel, Semarak International Hotel atau Garuda Citra Hotel

 

Tempat terdekat :

Beberapa lokasi wisata yang lain seperti Sungai Sembahe, Pantai Cermin atau Masjid lainnya yang tidak kalah menariknya yakni Masjid Al Osmani

 

Peta Lokasi :


Lihat Masjid Raya Sulaimaniyah di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 06 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • teras samping masjid
  • Wisata religi islam ke sumut

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,