Kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan, yaitu Pematang Siantar, merupakan kota yang memiliki daya tarik wisata tersendiri, tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Sumatera Utara. Jika datang ke Pematang Siantar, salah satu rekomendasi objek wisata yang membanggakan di kota ini adalah sebuah patung Dewi Kwan Im yang tidak biasa. Mengapa patung ini menjadi tidak biasa? Patung Dewi Kwan Im, sang dewi welas asih, di Siantar ini merupakan patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara.

Patung setinggi 22,8 meter ini didirikan di Vihara Avalokitesvara yang berlokasi di pusat kota Pematang Siantar, tepatnya di Jalan Siposo-poso. Nama vihara ini merupakan sebutan Dewi Kwan Im yang berarti mendengar suara dunia. Patung yang diimpor langsung dari China ini dibangun selama hamper 3 tahun, dan kemudian diresmikan pada tanggal 15 November 2005. Namun hingga kini pembangunan vihara ini masih diteruskan untuk menyempurnakan tempat ibadah umat Buddha ini.

Patung Dewi Kwan Im di vihara ini terletak di lantai atas pada bangunan berlantai dua. Sebelum masuk dan menaiki tangga, Anda akan disambut oleh dua patung yang terletak di dua sisi tangga yang merupakan patung catur mahadewa-raja, alias malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Keindahan patung Dewi kwan Im ini semakin cantik dengan adanya lampion-lampion menghiasi bagian depan bangunan.

Pada depan patung Dewi Kwan Im terdapat lonceng besar dengan bangunannta yang memesona mata. Kecantikan kawasan vihara ini semakin lengkap dengan terdapatnya patung-patung shio sesuai kepercayaan masyarakat Tionghoa. Patung shio yang berjejer rapi ini diwujudkan dalam bentuk hewan-hewan simbol shio-shio ini, seperti tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Vihara sebagai tempat peribadatan umat Buddha memang dibangun untuk tujuan keagamaan. Namun, karena keunikan dan keindahannya, vihara dengan terdapatnya patung Dewi Kwan Im ini menjadi daya tarik wisata religi, tidak hanya bagi penganut agama Buddha, tetapi juga bagi penganut agama lain yang hendak melihat dan mengagumi kemegahan dan keindahan patung Dewi Kwan Im yang menawan. Tidak hanya turis dalam negeri yang bangga dan kagum akan keberadaan patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia tenggara ini, namun banyak sekali turis mancanegara yang menyempatkan diri untuk mengagumi dan mengabadikan kemegahan patung ini.

Situasi vihara yang tenang dan penataan lokasi yang asri memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung yang datang untuk beribadat maupun berwisata. Kolam ikan yang yang mengelilingi komplek vihara menambah suasana asri ini semakin tenang dan damai. Keberadaan empat pilar berbentuk naga membuat bangunan vihara terlihat semakin kokoh. Keempat pilar naga ini menyangga patung Dewi Kwan Im yang berada di lantai dua. Bukan tidak mungkin, jika pembangunan vihara ini telah selesai seutuhnya dan vihara dikelola dengan baik, akan semakin banyak mendatangkan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara ke Pematang Siantar.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan perjalanan wisata Anda, bisa langsung meneruskan perjalanan Anda menuju Parapat dan Danau Toba.

Map

View Larger Map

Tempat Terkait: Gereja Lama Immanuel, Taman Alam Lumbini

Hotel Terkait: Alpha Inn, HL Days Inn

Incoming search terms:

  • patung dewi kwan im
  • vihara siantar
  • vihara avalokitesvara siantar
  • vihara di siantar
  • vihara avalokitesvara pematang siantar
  • patung budha di siantar
  • patung dewi kwan im terbesar di dunia
  • vihara pematang siantar
  • patung dewi kuan im
  • patung dewi

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,