Seperti halnya kampung Pecinan/Tionghoa yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, Medan juga memiliki kampung kecil yang dihuni oleh orang-orang keturunan Tamil, India. Ya, kampung ini disebut “little India” nya Medan yang terletak di Kampung Madras, dulunya disebut kampung Keling. Mayoritas penduduk di sini beragama Hindu, oleh karenanya dibangunlah sebuah kuil sakral sebagai penghormatan kepada dewi Kali.

Kuil ini dibangun tahun 1881 oleh Giardwara Parbandajh pada saat orang-orang Tamil, India menetap di Medan. Kuil yang dibangun di dekat sungai ini tidak jauh berbeda dengan kuil-kuil pemujaan yang berada di India. Nama dari kuil ini adalah kuil Shri Mariamman yang diperuntukkan bagi kaum Hindu setempat di desa Keling, Medan. Kuil ini mencerminkan kesakralan yang nampak dari arsitekturnya. Keseluruhan dari kuil berwarna terang emas dengan dihiasi patung-patung kecil di pinggiran kuil tersebut.

Nuansa India yang sangat kental juga terlihat pada gapura depan pintu gerbang kuil yang berwarna hijau dengan berhiaskan malaikat kecil dan patung dewa Ganesha di ujung kuil yang melambangkan dewa pengetahuan sekaligus hewan suci dalam kepercayaan Hindu. Kuil kecil nan elok ini terbagi menjadi tiga ruangan utama sebagai tempat sembahyang. Di dalam kuil pengunjung dapat melihat warna-warni corak khas India seperti yang terlihat pada karpet hijau sebagai alas kuil, tiang dan lantai marmer, serta patung-patung dewa-dewi pada kisah mitologi India.

Adapun macam-macam patung yang ada di dalam kuil ini adalah dewa Brahma, Siwa, Wisnu, Ganesha, dewi Kali dll. Sungguh tempat sakral yang menakjubkan, tak perlu jauh-jauh ke India. Di kawasan desa Keling, kecamatan Petisah, Medan anda bisa menyaksikan sendiri kuil Shri Mariamman dan wanita-wanita India yang masih memakai sari, pakaian adat India dan juga perayaan meriah deephavali dsb. Penasaran? kuil yang berada tepat di jantung kota Medan ini sangat mudah dijangkau.

Menuju Kuil Shri Mariamman :

– Naik angkot nomor 64 di depan Istana Maimun kemudian turun di Sun Plaza lalu jalan kaki sebentar. lokasi kuil berada di seberang Sun Plaza.

– jika dari Lapangan Merdeka : dari Jalan Kesawan menuju perempatan gerbang Kesawan kemudian ambil angkot nomor 64 dan turun di Sun Plaza.

Ada beberapa transportasi lain yang dapat anda gunakan :

Betor (kurang lebih Rp 10.000,-) : dari Lapangan Merdeka.

Biaya Masuk : gratis

Hotel terdekat Kuil Shri Mariamman :

http://www.thehotelmurah.com/asia/indonesia/medan/hotel_citi_international_sunyatsen.html
http://www.thehotelmurah.com/asia/indonesia/medan/hotel_deli_river.html
http://www.thehotelmurah.com/asia/indonesia/medan/grand_delta.html
http://www.thehotelmurah.com/asia/indonesia/medan/palace_inn.html

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • arsitektur kuil shri mariamman medan
  • cara menuju kuil shri mariaman
  • naik angkot berapa ke kampung madras medan
  • nama kuil hindu yang berdekatan dengan sun plaza medan
  • nomer berapa angkot ke kampung keling medan
  • patung dewa india
  • telepon kuil shri mariaman
  • vihara kampung keling

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,