Buat apa jauh-jauh ke luar negeri kalau bisa mendapatkannya di negeri sendiri? Buat apa memperkaya devisa Negara lain kalau bisa memperkenalkan wisata negara kita ke khalayak internasional? Yang dimaksudkan di atas adalah tentunya wisata yang ada di negara kita sendiri. Bila Anda berkunjung ke Medan, disarankan jangan berhenti sampai di kota itu saja, sebab Anda bisa mengeksplorasi daerah-daerah lain di luar Medan yang menawarkan atraksi wisata yang luar biasa. Diantaranya bisa Anda temukan di Tanah Karo.

Terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, terdapat sebuah atraksi wisata yang membuat Anda tidak merasa di Indonesia. Destinasi wisata ini adalah Taman Alam Lumbini. Letaknya 50 km dari Medan, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan berkendara, sangat dekat dengan tujuan wisata lainnya, yaitu Berastagi.

Untuk masuk ke kawasan Taman Alam Lumbini, Anda tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk sepeser pun. Bagi setiap pengunjung yang memasuki lokasi Taman Alam Lumbini hanya diminta untuk mengisi buku tamu yang terdapat di depan gerbang masuk. Namun tenang saja, karena objek tujuan wisata ini dikelola dengan manajemen profesional. Objek wisata ini sudah memperlengkap diri dengan fasilitas penunjang yang akan menyamankan para pengunjung yang datang untuk berwisata ke tempat ini.

Taman Alam Lumbini seluas 3 hektar ini memiliki beberapa keistimewaan yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Yang paling menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang ke Taman Alam Lumbini adalah keberadaan replika Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar. Pagoda yang terdapat di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua yang berada di luar Myanmar, dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini telah dibuka untuk umum sejak 2010.

Untuk menuju ke Pagoda ini, Anda akan melewati sebuah jembatan gantung sebagai infrastruktur penyebarangan yang dipadukan dengan puluhan lentera yang bergelantungan. Jembatan gantung sepanjang 20 meter ini dikenal dengan nama Titi Lumbini. Di bawahnya terdapat taman yang indah yang ditata dengan apik dan menarik, sebagai harmonisasi dari suasana hutan alam di sekelilingnya. Udara yang sejuk juga akan selalu mengiringi jalan-jalan Anda menuju Pagoda yang pastinya sudah Anda nanti-nantikan. Ini akan menjadi jalan-jalan yang berkesan.

Sesampainya di area Pagoda, Anda seolah disambut oleh kemegahan Replika Pagoda Shwedagon yang bercat emas dengan arsitektur yang begitu indah. Relief-relief unik dan patung-patung Buddha menghiasi bangunan utama Pagoda ini. Di sebelah kiri bangunan utama Pagoda, terdapat sebuah menara yang memiliki puncak berbentuk bekisar. Di bawahnya terdapat hiasan sulur berupa gelang-gelang emas sepanjang 1,5 meter. Di puncak Pagoda, terdapat puluhan lonceng sebagai penghias yang akan berdentang jika tertiup angin.

Berada di sekitar Pagoda ini membuat Anda berasa seperti di luar negeri. Bagi Anda yang tidak beragama Buddha, Anda bisa berfoto di pagoda ini, sedangkan bagi Anda yang beragama Buddha, tempat ini dapat menjadi tempat persembahyangan yang menenangkan dan menenteramkan. Untuk masuk ke dalam Pagoda, para pengunjung harus melepas alas kakinya. Aturan lain seperti tidak boleh memotret dengan kamera handphone jika berada di dalam Pagoda dan tidak boleh makan atau minum selama berada di areal Pagoda merupakan aturan umum yang harus dipatuhi oleh para pengunjung.

Seperti halnya berada di dalam tempat ibadah Buddha lainnya, Anda akan langsung mencium harumnya bakaran hio. Suasana di dalam Pagoda begitu teduh dan tenteram. Walaupun pengunjung banyak, tetapi mereka mampu dengan kesadarannya menjaga ketenangan di tempat itu layaknya tempat beribadah lainnya. Di dalam Pagoda, tepat di tengah-tengah ruangan, Anda dapat melihat empat patung Buddha yang terbuat dari marmer.

Jika Anda sudah puas berkeliling di sekitar Pagoda, Anda bisa mengunjungi taman yang berhiaskan berbagai macam bunga dan pohon yang tertata rapi. Patung-patung bikhu mempercantik taman ini. Hijau dedaunan dan suasana alam akan menemani jalan-jalan Anda diobjek wisata ini. Sudah siap menjelajah Nusantara?

Tempat terkait: Bukit Simarjarunjung, Patung Dewi Kwan Im

Hotel di Medan: My Dream Hotel, Hotel Citi International Sunyatsen

Peta Lokasi Taman Alam Lumbini

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • taman alam lumbini
  • taman lumbini
  • taman lumbini berastagi
  • taman alam lumbini berastagi
  • Taman Alam Lumbini Kabupaten Karo Sumatera Utara 22171
  • taman lumbini medan
  • Taman Alam Lumbini Kabupaten Karo Sumatera Utara
  • taman dewi berastagi
  • harga tiket masuk taman alam lumbini
  • wisata alam sumatera utara

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,