Jika berjalan ke jalan Balai Lama Kota Medan anda akan serasa kembali ke masa lalu di mana nuansa kolonial Belanda masih terasa. Ya, gedung balai lama kota Medan adalah satu dari puluhan gedung peninggalan kolonial Belanda yang berarsitektur Eropa dan masih berdiri hingga sekarang di tengah gedung-gedung bertingkat di kota Medan. Gedung ini dibangun pada tahun 1906 oleh arsitek bernama Hulswit. Gaya arsitektur Eropanya sungguh anggun dan menyisakan kenangan akan masa lampau. Gedung kebanggan kota Medan ini memiliki nilai historis yang tak ternilai, telah melampaui berbagai zaman sejak pendudukan kolonial Belanda sampai zaman revolusi.

Setelah beberapa dekade, sekarang gedung ini tidak lagi terkesan menyeramkan seperti dulu sebab sudah ada yang bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung ini.

Gedung yang bercat putih ini pernah mengalami perbaikan pada tahun 1923. Dulunya tempat ini sempat menjadi kantor walikota Medan dimulai pada tahun 1945 walikota Mr. Luat Siregar dan hanya hingga tahun 1990 adalah haji Agus Salim Rangkuty segera setelah gedung baru kantor walikota usai dibangun. Terlepas dari dibangunnya gedung baru walikota, gedung Balai Lama mulai dilirik oleh investor untuk membangun hotel di belakang gedung ini. Di belakang gedung tua ini, pengunjung dapat melihat hotel yang juga mengelola gedung balai lama kota Medan sebagai objek wisata sejarah. Pemerintah kota Medan juga turut serta berperan besar dalam melestarikan gedung balai lama kota Medan sebagai warisan dari kolonial Belanda .

Sekarang gedung ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Medan dan Setelah beberapa dekade, sekarang gedung ini tidak lagi terkesan menyeramkan seperti dulu sebab sudah ada yang bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung ini. Gedung ini pun juga menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi terlebih bagi para penikmat akan memori bernuansa kolonial Belanda.

Untuk menuju kawasan ini, pengunjung dapat menggunakan :

  1. Becak dayung
  2. Becak motor/bettor
  3. Sudako/mini bus kota Medan
  4. Taxi

Biaya masuk gedung: GRATIS

Untuk mempermudah akses ke balai lama kota Medan anda dapat menginap di:

Grand Swiss-Bellhotel Medan, JW Marriott Hotel Medan, Grand Angkasa International Hotel

 

 

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • medan
  • berdirinya gedung walikota medan
  • sejarah berdirinya kantor walikota medan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,