Situs Kota Cina Medan

www.retzah.com

Sebuah bangunan yang tidak terlalu besar dan berada di deretan rumah-rumah warga menyimpan segudang sejarah mengenai keberadaan kota Cina di Medan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kota Cina No. 65 Kelurahan Payah Pasir, Kecamatan Medan Marelan Sumatera Utara. Berbagai macam barang mulai dari patung-patung, keramik-keramik, bebatuan sampai uang kuno ada di sini. Bahkan sebuah patung Replika Archa Budha Amitaba yang merupakan peninggalan pada abad 12 hingga 14 SM.

Museum Situs Kota Cina

www.indexpussisunimed-wordpress.com

Situs Kota Cina di kota Medan Marelan mulai diketahui sejak tahun 1970. Namun situs ini mulai terkuak pada tahun 1986 saat pengerukan tanah untuk pembuatan jalan Tol Belmera ditemukan sebuah arca kuno. Hingga saat ini jejak sejarah kota Cina ini belum semuanya tergali terutama bekas kerajaan yang terdapat pelabuhan laut international yang pernah didiami oleh imigran Tiongkok. Pada umumnya mereka mencari peruntungan bisnis perdagangan, yakni diperkirakan pada masa Dinasti Song. Selain untuk kepentingan niaga tempat ini juga merupakan aktivitas budaya, hal ini terungkap dengan ditemukannya sebuah kayu sisa dari rangka kapal. Beberapa prediksi terhentinya atau hilangnya bandar perdagangan tersebut karena bencana alam. Namun ada juga yang menggangap karena kutukan dan diserang oleh pasukan Kepah. Lima abad kemudian ditempat tersebut didirikan pelabuhan baru yakni Bandar Labuhan Deli yang saat ini berada di wilayah Kelurahan Pekan Labuhan, 3 km dari lokasi situs Kota Cina.

Situs Kota Cina

www.kamarberita.com

Museum ini sangat penting sebagai tempat penyimpanan hasil penggalian yang lokasinya tidak terlalu jauh sekitar 100 meter saja. Situs ini diyakini sebagai cikal bakal kota Medan saat ini yang berasal dari permulaan abad 12. Walaupun keberadaan tempat ini tidak begitu akrab dengan masyarakat setempat namun tidak begitu bagi pecinta sejarah, hal ini terbukti bahwa situs tersebut tercatat dalam referensi arkeolog dunia.

How to get there :

Untuk menuju lokasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Dari Pusat Kota Medan atau titik nol yang berada di depan Kantor Pos Besar ambil arah menuju Belawan melalui Jl. Yos Sudarso hingga persimpangan ambil kiri, ikuti terus hingga kembali menemui persimpangan yang disebut persimpanngan Nippon yang terdapat petunjuk arah yang dituju yakni arah ke kiri ke Museum Situs Cina dan jika ke kanan Anda akan menuju ke Danau Siombak. Biaya Masuk ke Museum sebesar Rp. 5000 per orang.

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang dapat digunakan untuk bermalam diantaranya JW Marriott Hotel Medan, Asean International Hotel, atau Emerald Garden Hotel

Tempat terdekat :

Tempat wisata sejarah lain yang menarik adalah Museum Sumatera Utara

 

Peta Lokasi :


Lihat Museum Situs Kota Cina di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 12 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • daftar informasi nomor telepon museum kota cina di medan
  • harga masuk museum kota cina
  • museum kota cina medan
  • museum situs kota cina marelan
  • pantai di marelan
  • situs kota china
  • wisata marelan
  • wisata pendidikan di kota medan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,